'/> Pertanyaan Dan Tanggapan Perihal Seputar Dapodikdas Versi 4.00

Info Populer 2022

Pertanyaan Dan Tanggapan Perihal Seputar Dapodikdas Versi 4.00

Pertanyaan Dan Tanggapan Perihal Seputar Dapodikdas Versi 4.00
Pertanyaan Dan Tanggapan Perihal Seputar Dapodikdas Versi 4.00
Mungkin dikala ini ada beberapa rekan operator sekolah yang masih mengalami kesulitan untuk instal dapodikdas versi 4.0.0 terbaru , dibawah ini ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang di berikan kemdikdud perihal seputar dapodikdas versi 4.0.0 , biar dengan adanya panduan dan pedoamn di bawah sanggup bermanfaat buat rekan - rekan Operatos semuanya.....
  
Aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) 



Apa itu Aplikasi Dapodikdas   
Sistem Aplikasi Dapodikdas yakni aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut mencakup sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan berguru (Rombel). 

Mengapa sekolah harus memakai Aplikasi Dapodikdas .. 
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdas merupakan aplikasi resmi yang dipakai untuk menjaring data pokok pendidikan dasar. Data dari Aplikasi Dapodikdas akan dipakai sebagai contoh data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: santunan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan programprogram lainnya. Oleh alasannya yakni itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam acara pendataan Dapodikdas.

Apa balasannya bila sekolah menolak memakai Aplikasi Dapodikdas? 
Data Aplikasi Dapodikdas dipakai sebagai contoh data dalam programprogram Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi alasannya yakni data milik mereka tidak akan hingga ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

Bagaimana tahapan update aplikasi dari versi 4.0.0
Uninstal aplikasi dapodik versi 3.0.3  Unduh aplikasi versi terbaru (4.0.0) di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/  Instal aplikasi 4.0.0  Generate prefill kemudian unduh  buka aplikasi yang ada di desktop  Registrasi dengan prefill yang gres  sehabis login, cek di beranda aplikasi, pastikan versinya 4.0.0

Apakah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sanggup memakai Aplikasi Dapodikdas? 
MI dan MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak sanggup memakai Aplikasi Dapodikdas.

Apakah username dan password harus diganti dengan yang baru..
Tidak perlu, tetap memakai username dan password yang usang saja, tapi bila menemukan duduk masalah yang mengharuskan, maka sanggup mengganti username dan password

Apakah isyarat pendaftaran berubah di versi 4.0.0? 
Tidak. Secara default, isyarat pendaftaran sekolah tidak mengalami perubahan. Namun bila ingin mengubah isyarat pendaftaran alasannya yakni sesuatu hal (keamanan data), sekolah sanggup melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian, diperlukan hati-hati dalam me-reset isyarat pendaftaran alasannya yakni aplikasi isyarat pendaftaran usang akan ditolak oleh sistem pada dikala sinkronisasi. 

Apa yang dimaksud dengan isyarat registrasi? 
Sebuah isyarat unik dan diam-diam yang dibentuk oleh sistem sebagai kunci aktivasi Aplikasi Dapodikdas. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah mempunyai isyarat pendaftaran yang berbeda-beda. 

Apa fungsi isyarat registrasi? 
Untuk melaksanakan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini juga sanggup dipakai untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

Di mana sekolah saya sanggup mendapat isyarat registrasi? 
Cara mendapatkannya yakni dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.  

Mungkin dikala ini ada beberapa rekan operator sekolah yang masih mengalami kesulitan untuk  Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar  Dapodikdas Versi 4.00

Untuk lebih jelasnya perihal pertanyaan - pertanyaan seputar dapodikdas versi 4.0.0 silahkan download di bawah ini 

Advertisement

Iklan Sidebar