'/> Jenis Jenis Uang Menurut Materi Nilai Tempat Dan Lembaga

Info Populer 2022

Jenis Jenis Uang Menurut Materi Nilai Tempat Dan Lembaga

Jenis Jenis Uang Menurut Materi Nilai Tempat Dan Lembaga
Jenis Jenis Uang Menurut Materi Nilai Tempat Dan Lembaga
Uang yang selalu ada di dompet anda ternyata mempunyai jenis yang berbeda beda, lantas apa saja jenis jenis uang tersebut? Langsung saja simak penjelasannya memberikankut ini.

Uang yang selalu ada di dompet anda ternyata mempunyai jenis yang berbeda beda Jenis Jenis Uang Berdasarkan Bahan Nilai Kawasan dan Lembaga

Berdasarkan Bahan

Dilihat dari bahannya, uang sanggup dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

1. Uang logam

Dari namanya saja sudah tertangkap tangan bahwa uang jenis ini terbuat dari logam yang biasa anda sebut sebagai koin. Sedangkan materi pembuatan uang logam terdiri dari aluminium, emas, perak, broze, kupronikel, atau perunggu. Uang yang terbuat dari logam mempunyai nominal yang kecil. Seperti, cuilan Rp.100,00; Rp.200,00; Rp.500,00; RP.1.000,00.

2. Uang kertas

Uang jenis ini terbuat dari kertas yang mempunyai materi bermutu dan berkharisma manis sehingga tahan dengan air, tidak luntur, dan tidak memperringan dan sepele robek. Uang kertas ludang kecepeh mudah dan memperringan dan sepele dibawa kemana-mana.

Berdasarkan Nilai

Jenis uang sanggup dilihat dari evaluasi yang terkandung dalam uang tersebut. Nilai uang terdiri dari evaluasi instrinsik (penilaian materi pembuat uang) dan evaluasi nominal (penilaian yang tertera pada uang) sehingga menurut penilaian, jenis uang dibedakan menjadi:

1. Uang penuh

Nikai uang dikatakan penuh kalau evaluasi instrinsiknya sama dengan evaluasi nominnal. Contohnya, uang logam mulia yang terbuat dari emas dan perak

2. Tidak penuh

Dimana evaluasi instrinsiknya ludang kecepeh kecil dari nominal, menyerupai uang kertas.

Berdasarkan Lembaga yang Menerbitkan

Jika mengacu kepada pihak atau forum yang menerbitkan, maka uang terbagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Uang kartal

Uang yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara melalui bank sentral yang wujudnya uang logam dan kertas. Di Indonesia dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan dicetak oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri)

2. Uang giral

Uang giral ini alat pembayaran berupa biro, cek, dan pemindahan telegrafis yang dikeluarkan oleh bank kepada seseorang alasannya yaitu mempunyai simpanan uang di bank bersangkutan.

Berdasarkan Kawasan

Jenis uang menurut daerah berarti dilihat dari daerah berlakunya uang.

1. Uang lokal

Uang yang dipakai dalam satu negara tertentu, menyerupai rupiah pada negara Indonesia, Ringgit di Malaysia, dan lainnya.

2. Uang regional

Uang yang dipakai beberapa negara dalam satu kawasan.

3. Uang internasional

Berlaku antar negara hampir di seluruh dunia dan menjadi sesuai ketentuan pembayaran internasional menyerupai US dolar.
Masuk dalam jenis uang apakah yang ada di dompet anda kalau melihat jenis jenis uang diatas.
Advertisement

Iklan Sidebar