'/> Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Ringkasan Lengkap

Info Populer 2022

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Ringkasan Lengkap

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Ringkasan Lengkap
Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Ringkasan Lengkap
Sepeninggalan nabi agung Muhammad SAW tepatnya pada 632 M silam, kepemimpinan agama Islam tidak berhenti begitu saja. Kepemimpinan Islam diteruskan oleh para khalifah dan disebarkan ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Hebatnya gres hingga kala ke 8 Islam telah menyebar hingga ke seluruh afrika, timur tengah, dan benua eropa. Baru pada dinasti Ummayah perkembangan islam masuk ke nusantara.
Zaman lampau Indonesia dikenal sebagai tempat dikenal akan hasil rempah-rempahnya, sehingga berbagai para pedagand dan saudagar dari seluruh dunia tiba ke kepulauan Indonesia untuk berdagang. Hal tersebut juga menarik pedagang asal Arab, Gujarat, dan juga Persia. Sambil berdagang para pedagang muslim sembari berdakwak untuk mengenalkan anutan Islam kepada para penduduk.

 Sepeninggalan nabi agung Muhammad SAW tepatnya pada  Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Ringkasan Lengkap

Teori Masuknya Islam ke Idonesia

Menurut para sejarawan, pada kala ke-13 Masehi islam sudah masuk ke nusantara yang dibawa oleh para pedagan muslim. Namun untuk ludang keringh pastinya para pakar masih terdapat perbedaan pendapat dari para sejarawan. Namun setidaknya 3 tiga teori wacana masuknya Islam ke Indonesia

1. Teori Gujarat
Teori ini dipelopori oleh pakar sejarah Snouck Hurgronje, menurutnya agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat pada kala ke-13 masehi.

2. Teori Persia
P.A Husein Hidayat mempelopori teori ini, menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh pedagang Persia (Iran), hal ini berdasarkan kesamaan antara kebudayaan islam di Indonesia dengan Persia.

3. Teori Mekkah
Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pribadi dibawa para pedagah Mekkah, teori ini berlandaskan sebuah diberita dari China yang menyatakan kalau pada kala ke-7 sudah terdapat perkampungan muslim di pantai barat Sumatera.

Proses Masuknya Islam ke Nusantara

Masuknya islam di Indonesia berlangsung secara hening dan menyesuaikan dengan tabiat serta istiadat penduduk lokal. Ajaran islam yang tidak mengenal perbedaan kasta menciptakan anutan ini sangat diterima penduduk lokal. Proses masuknya islam dilakukan melalui cara diberikut ini.

1. Perdagangan
Letak Indonesia yang sangat strategis di jalur perdagangan di masa itu menciptakan Indonesia banyak disinggahi para pedagang dunia termasuk pedagang muslim. Banyak dari mereka yang hasilnya tinggal dan membangun perkampungan muslim, tak jarang mereka juga sering mendatangkan para ulama dari negeri asal mereka untuk berdakwah. Hal inilah yang diduga mempunyai tugas penting dalam penyebaran anutan Islam di nusantara.

2. Perkawinan
Penduduk lokal berasumsi bahwa para pedagang muslim ini yakni kalangan yang terpandang, sehingga banyak penguasa pribumi yang berkeluargakan anak mereka dengan para pedagang muslim. Sebagai sayarat sang gadis harus memeluk islam terludang keringh dahilu, hal inilah yang diduga memperlancar penyebaran anutan islam.

3. Pendidikan
Setelah perkampungan islam terbentuk, mereka mulai mendirikan akomodasi pendidikan berupa pondok pesantren yang dipimpin pribadi oleh guru agama dan para ulama. Para lulusan pesantren akan pulang ke kampung halaman dan membuatkan anutan islam di tempat masing-masing.

4. Kesenian
Wayang merupakan warisan budaya yang masih terjagan hingga ketika ini, dalam penyebaran anutan islam wayang mempunyai perang yang sangat konkrit. Contohnya sunan kalijaga yang merupakan salah satu tokoh islam memakai pementasan wayang untuk berdakwah.


Advertisement

Iklan Sidebar