'/> Pengertian Hak Asasi Insan Secara Singkat Dan Lengkap

Info Populer 2022

Pengertian Hak Asasi Insan Secara Singkat Dan Lengkap

Pengertian Hak Asasi Insan Secara Singkat Dan Lengkap
Pengertian Hak Asasi Insan Secara Singkat Dan Lengkap
Pengertian Hak Asasi Manusia atau yang biasa disingkat dengan HAM atau yang dalam bahasa asingnya disebut sebagai human rights secara yaitu hak dasar yang dimiliki oleh setiap insan semenjak pertama kali dia dilahirkan ke dunia. Hak dasar tersebut tidak sanggup diganggu gugat oleh siapapaun, dan setiap insan berhak untuk menjalankan segala hak yang dimiliki.

Jika ditinjau dari arti tiap kata-nya, maka hak asasi insan sanggup dijelaskan sebagai diberikut, Hak merupakan kekuasaan yang dimiliki oleh setiap orang untuk melaksanakan sesuatu hal atau kekuasaan setiap orang untuk mempunyai suatu hal, kekuasaan tersebut didapatkan secara otomatis semenjak insan dilahirkan ke dunia.

 atau yang biasa disingkat dengan HAM atau yang dalam bahasa asingnya disebut sebagai  Pengertian Hak Asasi Manusia Secara Singkat dan Lengkap

Sedangkan pengertian asasi merupakan sesuatu yang paling pokok, paling utama, paling mendasar, atau sesuatu yang menjadi prioritas yang harus dipenuhi oleh manusia. Sehingga, bila digabungkan menjadi satu maka Hak Asasi Manusia yaitu kekuasaan yang paling utama yang didapatkan oleh insan secara otomatis semenjak dia dilahirkan untuk melaksanakan sesuatu.

Hubungan HAM dan Hak Negara

Dalam pengertian hak asasi manusia, dihentikan ada pihak manapun yang mengganggu hak asasi insan yang lain, bila hal tersebut dilakukan, maka negara sebagai pemegang kekuasaan atas negara berhak untuk memdiberikan eksekusi pada pihak tersebut. Hal tersebut sebagai salah satu fungsi negara dalam memenuhi hak asasi warna negaranya untuk mendapat dukungan secara hukum.

Manusia mempunyai banyak hak asasi semenjak dia dilahirkan, tidak sanggup disebutkan satu per satu. Namun, secara umum segala hal yang menyangkut dengan kehidupan langsung setiap insan merupakan hak asasi yang dimiliki oleh manusia. Misalnya yaitu kehidupan, insan mempunyai hak untuk hidup. Sehingga, bila ada kasus yang menjadikan hilangnya nyawa (hak hidup) seseorang, maka pelakunya sanggup dijerat hukum. Bagaimana pun keadaannya, setiap insan yang telah lahir berhak hidup.

Mungkin dari sini muncul beberapa pertanyaan, apakah hak asasi insan sanggup dicabut? Misalkan insan tersebut melaksanakan sesuatu yang telah melanggar hukum. Seperti yang terjadi gres baru ini di Indonesia terkait eksekusi mati yang diskor telah merenggut hak asasi manusia? Dalam pengertian hak asasi manusia, hak seseorang tidak sanggup diganggu gugat oleh siapapun, bahkan hingga dicabut. Namun, negara juga mempunyai hak untuk melaksanakan eksekusi kepada seseorang menurut aturan yang berlaku.
Advertisement

Iklan Sidebar