'/> Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya

Info Populer 2022

Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya

Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya
Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya
Mungkin di antara anda tiruana belum banyak yang tahu bila ternyata ada macam macam hujan. Kebanyakan dari anda mungkin hanya berpikir bahwa hujan hanyalah kejadian jatuhnya air dari langit yang sanggup menciptakan suasana menjadi sejuk, dingin, syahdu, dan tentu saja basah. Namun ternyata, bila ditinjau dari beberapa hal, hujan terbagi ke dalam beberapa jenis.

Secara umum, bentuk hujan akan sama saja antara satu jenis hujan dengan jenis yang lain. tiruananya berupa wujud rintikan air dari atas menuju ke bawah. Namun, anda tetap perlu mengetahui aneka macam macam jenis hujan yang ada di dunia ini. hal tersebut selain sanggup menambah pengetahuan anda, juga sanggup menciptakan anda menyiapkan segala hal bila terjadi sesuatu yang sanggup berbahaya bagi anda bila terjadi hujan dengan jenis tertentu.

Mungkin di antara anda tiruana belum banyak yang tahu bila ternyata ada  Macam Macam Hujan Berdasar Proses Terjadinya

Sebelum membahas macam macam hujan, sebaiknya anda terludang keringh lampau tahu proses terjadinya hujan secara umum. Meskipun klarifikasi terkait hal tersebut telah anda dapatkan semenjak anda duduk di kursi sekolah dasar, namun tak ada salahnya bila kini anda mengulasnya kembali.

Proses Terjadinya Hujan

Hujan terjadi dari adnya cahaya matahari yang sanggup menciptakan air maritim atau air sungai menjadi menguap. Di atas sana, uap air tersebut tertiup angin dan saling menyatu sampai menjadi sebuah awan. Secara terus menerus uap tersebut bertambah, sehingga pada ketika di mana uap tersebut telah tak sanggup ditampung lagi oleh awan, maka pecahlah menjadi rintikan air hujan.

Jenis hujan sanggup dibedakan dengan mengacu pada beberapa dasar. Seperti hujan menurut proses terjadinya, hujan menurut ukuran butirannya, dan hujan menurut besarnya curah hujan. Berikut ini merupakan jenis jenis hujan menurut proses terjadinya,

Macam Macam Hujan

  1. Hujan Orografis
Hujan yang terjadi alasannya adanya angin yang mengadung uap air bergerak secara horizontal, sehingga menjadikan terjadinya hujan disekitar pegunungan.
  1. Hujan Siklonal
Hujan alasannya adanya udara gerah yang disertai angin yang berputar.
  1. Hujan Frontal
Hujan alasannya adanya pertemuan antara massa udara yang hambar dengan massa udara yang gerah.
  1. Hujan Muson
Hujan alasannya adanya angin muson atau angin musiman.
  1. Hujan Senithal
Hujan jawaban pertemuan angin pasat timur maritim dan angin pasat tenggara di sekitar ekuator.

Demikian macam macam hujan menurut proses terjadinya.
Advertisement

Iklan Sidebar