'/> Pegertian Pendapatan Perkapita Lengkap Rumus Dan Contohnya

Info Populer 2022

Pegertian Pendapatan Perkapita Lengkap Rumus Dan Contohnya

Pegertian Pendapatan Perkapita Lengkap Rumus Dan Contohnya
Pegertian Pendapatan Perkapita Lengkap Rumus Dan Contohnya
Mungkin anda pernah mendengar dan tidak ajaib lagi dengan pengertian pendapatan perkapita kadab masih duduk di dingklik sekolah atau dikala kuliah pada bahan ekonomi. Namun, kalau anda lupa atau bagi yang belum pernah mendengar sama sekali akan dijelaskan pengertian dan rumus pendapatan perkapita secara komplit.

Pendapatan perkapita merupakan besarnya pendapatan rata rata penduduk di suatu negara pada periode tertentu, biasanya selama satu tahun. Mungkin anda bertanya mengapa suatu negara harus dihitung rata rata pendapatan penduduknya. Pendapatan perkapita ini wajib dipunyai oleh suatu negara sebab menjadi tolak ukur kesejahteraan penduduknya.

Mungkin anda pernah mendengar dan tidak ajaib lagi dengan Pegertian Pendapatan Perkapita Lengkap Rumus Dan Contohnya

Jika anda sudah mengetahui pengertian pendapatan perkapita, maka hal selanjutnya yang harus anda ketahui ialah bagaimana cara menghitung pendapatan perkapita tersebut. Terdapat rumus khusus untuk menghitung pendapatan rata rata penduduk di suatu negara pada periode ternentu. Rumusnya yakni:

Pendapatan perkapita = jumlah pendapatan nasional : jumlah penduduk
Perhatikan rujukan diberikut.

Misalkan pendapatan nasional negara A ialah 200 milyar
lalu pendapatan nasional negara B juga 200 milyar.
Namun, negara A mempunyai jumlah penduduk 5 juta penduduk sedangkan negara B mempunyai penduduk 7 juta jiwa.

Dengan demikian, kalau anda ingin membandingkan maisng masing pendapatan negara maka tinggal membagikan pendapatan nasional dengan jumlah penduduknya. Contoh diatas sangat terang bahwa tingkat kesejahteraan negara A berbeda dengan B meskipun mempunyai pendapatan yang sama. Hal ini sebab negara A dan B mempunyai jumlah penduduk yang berbeda, inilah yang akan membedakan.

Adapun kegunaan dari penghitungan pendapatan perkapita yaitu:
  • Sebagai perbandingan kesejahteraan penduduk suatu negara dari tahun ke tahun
  • Sebagai perbandingan kesejahteraan suatu negara dengan negara lain. Dengan demikian sanggup dilihat tingkat kesejahteraan pada tiap tiap negara
  • Sebagai perbandingan tingkat baku hidup masing masing negara dari tahun ke tahun
  • Sebagai data pengambilan kudang keringjakan bidang ekonomi. Adanya hasil pendapatn perkapita akan menjadi pertidak seimbangan bagi para pengambil kudang keringjakan di bidang ekonomi.
Itulah pengertian pendapatan perkapita yang komplit dengan rumus dan misalnya yang sanggup anda jadikan referensi.
Advertisement

Iklan Sidebar